RSS

Fakta salah masih diajarkan di sekolah

03 Feb

1. Benda paling besar buatan manusia bukanlah tembok besar cina

Walaupun tidak terlihat dari luar angkasa (sama halnya dengan tembok itu), benda buatan manusia terbesar di dunia ini areanya melebihi besar Indonesia, 700,000km2. Lebih kerennya lagi kita semua berpartisipasi dalam pembuatanya!

Ya, aku dan kamu membuatnya lebih besar ketika kita buang sampah sembarangan.

dari kami, untuk kami, oleh kami

Yang saya maksud adalah yang pernah rekan saya juga terangkan yaitu: the great pacific garbage patch. Kumpulan sampah ini terdiri dari plastik, limbah kimia dan puing-puing yang dikumpulkan oleh arus lautan berputar, dan akhirnya disimpan di satu tempat di lautan pasifik.

Ditemukan pada tahun 1997 oleh Kapten Charles Moore, diperkirakan akan memakan uang puluhan, bahkan milyaran USD dan berdekade-dekade untuk membersihkannya. Pada tahun 2010, proyek ‘Kaisei’ berhasil mendaur ulang 100 ton sampah yang terkumpul disana.

Sayangnya itu hanya 0,00003% dari beratnya.

2.Pisang bukan buah

Tomat bukan sayur dan pisang bukan buah. Bahkan, botanis menyetujui yang kita sebut sebagai ‘pohon pisang’ sebenarnya bukan pohon karena dia tidak memiliki sifat yang dimiliki oleh pohon, yaitu serat kayu.

Reuni Keluarga

‘Pohon’ pisang adalah sebuah herb, dan secara teknis (botanis)yang anda makan ketika anda makan buah dari pohon pisang adalah berry; buah yang mana ‘the entire ovary wall ripens into an edible pericarp’. Pisang => Berry.

3. Alexander Graham Bell bukan pencipta Telefon

Alexander Graham Bell bukan saja mencuri ide cemerlang ini, bahkan dia mencuri paten dan blueprint-nya dari orang lain. Keparat Skotlandia ini berhasil dicatat sejarah sebagai penemu telefon karena dia memiliki teman yang berkuasa, uang yang tidak sedikit dan kaki tangan yang bekerja di lembaga paten.

Setidaknya Mao lucu. Bell cuman keparat doang.

Ceritanya begini, pada sebuah pagi Februari yang kelam di tahun 1876 kedua pengacara dari Bell dan rivalnya Elisha Gray mendatangi lembaga paten untuk mematenkan temuannya masing-masing. Keduanya diterima dan memiliki gagasan untuk men ‘transmisi suara vokal’, dan lucunya kedua paten tersebut memiliki fitur mekanis yang serupa. Kok bisa?

Ternyata seorang bernama Zenas Fisk Wilber menjelaskan ide-ide Gray ke Bell.  Wilber bukan saja pekerja lembaga paten dia juga adalah teman dari pengacara paten Bell -Marcellus Bailey- yang seorang alkoholik dan berhutang uang padanya.

Pada tahun 1886 Wilber mengaku bahwa ‘Saya menunjukkan gambar (patennya Gray) dan menjelaskan pada Prof. Bell metoda yang Gray gunakan.’ Dia juga mengatakan bahwa tak lama kemudian Bell kembali dan memberikannya $100.

Wajar aja dia dapet patennya.

Tapi kalau ditlihat lebih lanjut ada seorang lagi yang di jahatin oleh Bell, seorang penemu miskin berasal dari Italia bernama Antonio Meucci. Singkat cerita: Meucci membuat telefon sebelum Bell, bahkan dia diaku oleh DPR Amerika Serikat sebagai seorang perintis bidang telekomunikasi dan mereka juga menyatakan bahwa ‘bila saja Meucci mampu membayar biaya sebesar $10 untuk melanjutkan paten caveat-nya, tidak mungkin paten untuk telefon diberikan kepada Bell (maupun Gray).’

4. Mahluk hidup paling besar didunia bukanlah Paus Biru

Berbobot 200 ton dan panjang 33 m, bila dibandingkan dengan organisme ini, paus biru terlihat seperti sebuah teh botol dibandingkan keratnya. Makhluk hidup terbesar di dunia adalah  sebuah Armillaria ostoyae yang ada di Malheur National Forest di Oregon, A.S.

Mau tahu itu binatang apa? Bukan binatang kok, melainkan jamur. Nama kerennya adalah Honey Mushroom dan dia besarnya adalah 8,9 km2. Kalau mau dijadikan cemilan jamur crispy, Armillaria ostoyae ini bisa cukup untuk makan seluruh penduduk pulau jawa untuk seminggu.

Shroooms… mmmmmmmhhh

5. Kecepatan cahaya tidak selalu konstan

Yang membuat teori relatifitas sangat sulit dimengerti adalah karena kita diajarkan bahwa kecepatan cahaya tidak akan pernah berubah. Secepat apapun kita bergerak, relatif pada kita, cahaya akan tetap berkecepatan 186,282m/s, tapi yang suka tidak diajarkan bahwa cahaya tidak selalu secepat c.

Pake logika juga bisa sih, karena cahaya adalah sebuah gelombang dan memang gelombang bisa bergerak lebih cepat atau lambat tergantung medianya. Seperti gelombang suara yang berkecepatan 341 m/s lewat udara dan 1400 m/s lewat air. Yang disebut c adalah kecepatan cahaya dalam vakum. Berbeda medium berbeda kecepatan.

Pictured: Super-cooled sodium

Fisika memang keren, ada sejumlah ilmuwan yang berhasil melambatkan cahaya sampai 60 kph.

6. Tempat paling kering di dunia bukan di gurun panas.

Ada sebuah tempat di amerika selatan bernama gurun Atacama yang dari tahun 1570 sampai 1971 tidak mendapatkan hujan sama sekali. Dia mendapatkan hanya 1 ml air hujan per tahun untuk area yang lebih dari 100,000 km2. Bahkan menurut beberapa ilmuwan, ada satu dasar sungai yang tidak  dialiri air selama 120,000 tahun! Ironisnya gurun ini bersebelahan dengan badan air terbesar didunia, Samudera Pasifik. Memang gurun ini mah panas. Lanjutkan baca dong.

Dua. Juta. Tahun. 

Tapi itu belum apa-apa bila dibandingkan dengan McMurdo Dry Valleys di antarktika dimana suhu bisa mencapai -50 derajat Celsius. Ada sebagian darinya yang tidak mendapatkan hujan selama 2 juta tahun. Dua. Juta. Tahun.

7. Ada lebih dari 3 wujud zat

Bahan kimia dan fisika SMA, kita diajarkan bahwa zat apapun itu ada 3 wujud; Cair, Gas dan Padat. Tapi ternyata tidak! Memang dulu teori ini diterima oleh para ilmuwan tapi seiring dengan perkembangan teknologi para ilmuwan tersebut mengakui ada lebih dari 19 macam! Alamak! Susah kalilah nanti anak gw mau belajar ginian.

Masih salah, masih dipakai 

Sekarang setidaknya sudah umum siswa-siswa diajarkan 4 wujud zat yaitu yang diatas tambah Plasma, yaitu mirip-mirip gas tapi terbuat dari elektron dan ion bebas (apalah itu). Ke 15 wujud yang lain dan Plasma  jarang sekali ada di alam jadi mungkin karena itu tidak diajarkan disekolah. Jadi kayanya juga percuma mau belajar itu juga.

asd

8.  Binatang paling cepat di dunia bukan cheetah

Memang cheetah adalah binatang tercepat didaratan tetapi bukan di dunia. Karena yang paling cepat di animal kingdom adalah Peregrine Falcon yang bisa terbang 130 mph lebih cepat dari cheetah berlari. Ketika burung ini menukik untuk memburu dia bisa mencapai kecepatan 200 mph. Kalau anda mau bilang bahwa ‘ah, cheetah pun bisa gitu kalau dia dilempar dari pesawat’ anda akan salah. Kecepatan maksimum sebuah benda jatuh akan tercapai  ketika percepatan yang diakibatkan gravitasi terimbangi oleh ketahanan udara. Untuk manusia yang berposisi acak kecepatan ini adalah sekitar 120 mph. Untuk cheetah belum pernah diuji karena belum ada yang tega.

Mana tega, lucu gini 

Peregrine Falcon bisa memposisikan badannya sedemikian rupa sehingga dia bisa mencapai kecepatan setinggi itu, dan juga tubuhnya (secara struktural dan juga organ-organnya) bisa menahan kecepatan itu dan angin diam yang akan terasa seperti bergerak secepat 250mph.

Tapi kalau mau tahu mahkluk tercepat dibumi? Manusia. Bukan karena roket, tapi ada seorang pilot A.S bernama Joseph Kittinger yang pada 16 Agustus, 1960 terjun payung dari ketinggian 31,300 m, mencapai kecepatan tertinggi 614 mph. Itu lebih dari dua kali lebih cepat dari mobil tercepat didunia!

asd

9. Warna pada pelangi tidak berjumlah 7

Seperti semua orang yang melalui SMP tahu, pelangi adalah hasil dari pemantulan cahaya dari tetesan air. Pantulan tersebut merefraksi cahaya sehingga Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U terlihat dimata kita. Tapi sebenarnya, secara teknis jumlah warna dipelangi adalah tak hingga.

Kebayang ga ngajar anak TK gimana? Me-Me-Me-Me-Me-Me-Me-Me…….. 

Newton membagikan spektrum warna kedalam 7 bagian supayadapat berkorelasi dengan 7 nota musik, makanya ada dua warna untuk ungu padahal mah sama-sama aja. Tapi sama halnya dengan C ada C#, merah ada merah muda, merah lebih muda, dan merah lebih muda lagi. Kalau anda buka pemilih warna di photoshop anda bisa lihat sendiri betapa luasnya spektrum cahaya.

Lebih lagi, itu baru warna-warna yang bisa dilihat manusia. Biarpun tidak bisa kita lihat, ultraviolet dan infrared juga termasuk warna. Ga boleh diskiriminasi dong!

asd

10. Ada lebih dari 4 rasa

Ada hal yang lucu tentang cara kita belajar yang kadang-kadang membuat kita tidak sadar akan sesuatu yang obvious, tanpa ada yang menunjukkan itu apa. Contohnya lihat video ini:

HAHAHAHAHAH!

Efek diatas menjelaskan kenapa kita tidak bisa melihat dengan jelas the big picture. Kita terlalu fokus pada satu hal jadinya yang lain-lain terabaikan. Sama halnya dengan binatang paling cepat dan warna dalam pelangi, kemungkinan besar anda sudah tahu bahwa 4 rasa adalah salah, tapi karena kita terlalu fokus dengan apa yang sudah diajarkan, ketidakbenaran itu menjadi kebenaran didalam otak kita.

Jelas-jelas rasa ada lebih banyak dari 4, kan pedas juga rasa! Ada juga yang namanya umami, yaitu rasa asam glutamic yang umum ada di asparagus, tomat, keju dan daging. A.K.A rasa dagingnya MSG (atau steak atau burger). Hmmm… Ternyata rasa ada sedikitnya 5.

Tiap hari dimakan, tetap dilupakan. 

Setidaknya hari ini anda membaca bukan saja untuk mendapatkan ilmu baru tapi juga cara memandang ilmu yang baru. Jangan terlalu fokus pada hal yang kecil, fokuslah pada the big picture agar anda tidak dibodoh-bodohi.

Sumber: http://tanyajawabannya.com/2011/01/03/5-fakta-salah-yang-masih-diajarkan-disekolah-2-0/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Februari 2011 in IPTEK, Seputar Pendidikan

 

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: