RSS

Penggunaan E-Book di Sekolah Masih Sebatas Sosialisasi

16 Jun

Jakarta, (tvOne)

Penggunaan buku sekolah elektronik (BSE) atau dikenal “E-Book” khususnya di sejumlah sekolah di Ibukota Jakarta masih dalam batas sosialisasi.

“Sebenarnya program ini sangat efektif khususnya bagi sekolah yang ada di kota, tetapi bagi sekolah yang ada di pedesaan belum menjamin apakah bisa cocok ditetapkan atau tidak,” kata Kabag Humas Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Yusen Hardiman, di Jakarta, Senin (15/6).

Seperti dilansir Antara, pihaknya mengaku belum melakukan evaluasi hingga pada seluruh sekolah di ibukota karena program E-Book atau buku sekolah elektronik (BSE) merupakan program pemerintah pusat dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasioanl.

Namun demikian, kata Yusen, program tersebut bernilai positifnya bagi sekolah-sekolah yang berada di dalam kota karena tidak perlu lagi harus membeli buka dalam jumlah teretntu tetapi cukup dengan membuka internet kemudian bisa diperbanyak untuk dipelajari.

“Saya melihat penggunaan E-Book di sekolah, sudah mulai efektif namun masih perlu banyak sosialisasi karena belum semua sekolah bisa dan mampu untuk menerapkannya,” katanya.

Kualitas konten E-Book di sekolah cukup baik, termasuk isi materi pelajaran dan penerbitnya.

Tanpa menyebut jumlah mata pelajaran yang masuk dalam program BSE tersebut namun Yusen mengatakan, jumlah mencapai puluhan judul buku buku.

Bidang studi untuk menilai dan menyeleksi buku-buku yang masuk dalam konten BSE, ia mengatakan, belum sejauh itu karena program ini baru berjalan satu tahun.

Namun menurut dia, jika kualitas buku dan penerbitnya itu bagus, maka tentunya BSE akan tetap dijadikan acuan dan tetap dipakai disetiap sekolah.

Program E-Book adalah program nasional artinya, kalau ada sekolah ataupun siswa yang tidak menyukai, Dinas tidak melarang untuk membeli buku mata pelajaran tersebut.

“Kalau saja ada siswa yang tidak membeli buku karena alasan ekonomi, maka sekolah harus memberikan kebebasan bagi siswanya,” katanya.

Yusen menambahkan, di era teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pihaknya sangat mendukung upaya dan terobosan baru yang dilakukan pemerintah untuk menunjang sistem pendidikan di Indonesia.

Penerapan E-Book ini, juga bertujuan agar siswa bisa mampu berkompetisi dengan sejumlah sekolah di tanah air yang kini mengarah pada kelas Sekolah Berstandar Internasional (SBI).

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 16 Juni 2009 in Seputar Pendidikan

 

Tag: ,

One response to “Penggunaan E-Book di Sekolah Masih Sebatas Sosialisasi

  1. sistem informasi sekolah terpadu

    7 Juli 2009 at 08:54

    Info yang bagus….trim’s

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: